Azzury
Foodie Trends

5 Rekomendasi Kopi Americano Instan yang Wajib Kamu Coba!

By Azzury

5 Rekomendasi Kopi Americano Instan yang Wajib Kamu Coba!.png

Jika dari namanya apa bedanya kopi americano dengan kopi hitam umumnya? jika versi kopi hitam yang satu ini berawal dari Amerika? Yap! Minuman ini telah bersahabat di kuping para peminat kopi, dapat dihidangkan panas, tetapi pula nikmat jika ditambah es batu, dan sudah tersedia kopi americano instan yang lebih memudahkan para penikmat kopi. Kali ini, ayo kita lebih dekat dengan kopi hitam Americano!

Mengenai Kopi Americano

Kalian tentu sering dengar dengan kopi espresso, kan? Betul, kopi yang terbuat dengan metode diseduh dengan titik berat serta temperatur besar yang menciptakan ekstrak kopi yang pekat. Nah, sederhananya, kopi Americano merupakan espresso yang ditambahkan air panas. Pertanyaan rasa, pastinya Americano lebih enteng dibanding espresso.

Kopi Americano ini muncul karena para angkatan Amerika yang tiba ke Italia. Kala itu, kopi espresso terasa kurang sering di dengar serta sangat getir untuk mereka. Oleh sebab itu, buat agar lebih cocok di lidah dengan gampang, para angkatan meningkatkan air ke dalam kopi espresso-nya. Alhasil, kopi Americano jadi minuman yang mendunia, tidak cuma di Amerika saja.

Krema atau Krim dalam Kopi Americano

Salah satu indikator mutu kopi espresso terdapat pada krema-nya, ialah busa kebesaran yang terdapat pada susunan atas. Nah, sebab dalam pembuatan kopi Americano ini dihasilkan pada saat menuangkan air panas espresso,Dari proses tersebut tidak terdapat lagi krema dalam kopi Americano, sekalipun Americano dihidangkan dalam situasi panas.

Tipe Lain Kopi Americano

Mengenai krema atau krim, ada juga kopi hitam yang nampak mendekati dengan Americano, tetapi mempunyai krema yang banyak, ialah kopi long black. Kopi long black merupakan kopi yang populer di Australia serta Selandia Terkini.

Kopi Americano serta Long Black mempunyai isi yang serupa, tetapi berlainan metode penyajiannya. Dalam pembuatan kopi Americano, espresso dituangkan terlebih dulu terkini setelah itu air panas, sebaliknya Long Black kebalikannya, menuangkan air panas terlebih dahulu setelah itu espresso. Perbandingan metode inilah yang membuat Long Black mempunyai krema. Pertanyaan rasa, pastinya keduanya terasa serupa.

Metode Pembuatan Kopi Americano

Terdapat sebagian metode pembuatan kopi Americano yang biasa tidak hanya dengan memakai mesin espresso. Metode awal merupakan tata cara penapis, ialah menaruh serbuk kopi di atas kertas tapis pada corong bak kopi yang setelah itu dituangkan air panas di atasnya. Kedua, membuat kopi Americano dengan metode french press.

Metode kedua ini umumnya dipakai sehari-hari, ialah dengan memasukkan serbuk kopi ke dalam perlengkapan french press setelah itu meningkatkan air panas serta ditekan dengan tutup french press. Terakhir, dapat pula dengan tata cara Turkish coffee yang pula diketahui dengan tata cara Arab.

Keunggulan Kopi Americano

Buat kalian yang tidak cocok kopi dengan rasa yang sangat pahit, sangat kental serta sangat asam, kopi Americano dapat jadi opsi. Tidak hanya lebih enteng, kopi Americano pula dapat dinikmati dingin, kalian cuma butuh es batu saja.

5 Rekomendasi Kopi yang Dapat Diolah Menjadi Kopi Americano Instan

Berikut 5 rekomendasi kopi americano instan yang wajib kamu coba dari berbagai merk, asal daerah dan kisaran harga:

Sakha Coffee Biji Kopi Bubuk Arabika Gayo Aceh

Rekomendasi kopi hitam pertama adalah untuk kamu yang menyukai biji kopi asli Indonesia. Sakha Coffee Arabika Gayo Aceh diproduksi langsung dari petanik kopi lokal untuk menciptakan rasa dan kualitas yang konsisten sehingga siap dinikmati.

Sakha Coffee menyediakan berbagai varian biji kopi bubuk arabika. Untuk yang satu ini adalah biji kopi dengan cita rasa lokal. Flavor notes yang ditawarkan adalah brown sugar, dark chocolate, sweet, dan orange zest/citrus.
Kisaran harga: Rp. 50.000

Arutala Kopi Gayo Takengon Arabika

Arutala Kopi Gayo Takengon Arabika merupakan kopi lokal yang di-roasting secara khusus oleh roaster-in-house sehingga memiliki karakteristik biji kopi yang menonjol dan terjaga kualitasnya.

Kopi arabika Gayo berasal dari Aceh Tengah, dengan flavor notes brown sugar, dark chocolate, sweet, dan orange zest. Tingkat keasamannya termasuk medium, dan aftertaste-nya memiliki kesan clean yang nikmat.
Kisaran harga: Rp. 47.999 – 70.000

Otten Coffee Aceh Gayo Honey Process

Otten Coffee Aceh Gayo Arabica merupakan biji kopi olahan dengan honey process sehingga memberikan cita rasa yang unik dan cenderung ringa. Berasal dari Atu Lintang di Aceh Tengah, biji kopi ini memberikan cupping notes syrupy body, fruity, chocolate flavor, dan black cherry.
Kisaran harga: Rp. 83.000

Sentra Kopi Aceh Gayo Arabica Premium Coffee

Aceh Gayo Arabica by Sentra Kopi dibuat dari biji kopi murni dari Gayo, tanpa campuran bahan lain sehingga kualitasnya tetap terjaga. Rasanya yang kaya memiliki aroma yang nikmat ketika diminum. Kopi Aceh Gayo sudah terkenal dengan cita rasanya di seluruh dunia, oleh karena itu menjadi komoditas ekspor ke berbagai negara. Sentra Kopi Aceh Gayo hadir sebagai kopi siap seduh dengan kualitas terbaik dan rasa yang nikmat.
Kisaran harga Rp. 55.000 – 60.000

Genesis Coffee Arabica Ciwidey Honey

Arabica Ciwidey Honey by Genesis Coffee merupakan biji kopi arabica yang berasal dari Jawa Barat. Rasanya yang kaya dan nikmat sangat cocok untuk kamu pecinta kopi hitam arabica. Flavor Notes yang dimiliki biji kopi arabica ini adalah starfruit, fruity. Keasamannya termasuk medium jadi aman untuk dikonsumsi. Proses setelah panen yang dipilih adalah honey process sehingga menghasilkan kopi yang nikmat dan kaya rasa.
Kisaran harga: Rp. 39.000 – 43.500