Azzury
Recipes

7 Makanan Khas Palembang dan Cara Membuatnya

By Azzury

7 Makanan Khas Palembang dan Cara Membuatnya .png

Palembang, sebuah kota di Sumatera Selatan, tidak hanya terkenal dengan keindahan sungai Musi yang membelahnya, tetapi juga dengan kelezatan makanan khasnya. Makanan-makanan tradisional Palembang menawarkan rasa autentik dan aroma yang menggugah selera. Jika Anda penasaran dengan cita rasa khas Palembang, berikut ini adalah 7 makanan khas Palembang yang wajib dicoba beserta cara membuatnya.

 

1. Pindang Patin

Pindang Patin adalah hidangan ikan patin yang dimasak dengan menggunakan bumbu-bumbu khas Palembang. Ikan patin yang digunakan harus segar untuk menghasilkan rasa yang lezat. Cara membuat Pindang Patin cukup sederhana. Pertama, bersihkan ikan patin dan beri perasan jeruk nipis agar tidak berbau amis. Selanjutnya, tumis bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan lengkuas hingga harum. Masukkan ikan patin ke dalam tumisan bumbu dan tambahkan air secukupnya. Tambahkan daun salam, daun jeruk, serta garam dan gula sesuai selera. Biarkan ikan matang dan bumbu meresap. Pindang Patin siap disajikan dengan nasi hangat.

 

2. Tekwan

Tekwan adalah sup udang yang disajikan dengan adanya pempek dan mi sagu. Mi sagu yang digunakan haruslah yang berkualitas untuk mendapatkan tekstur yang kenyal. Cara membuat Tekwan dimulai dengan membuat kaldu udang yang kaya rasa. Rebus kulit udang bersama dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, merica, dan daun bawang. Setelah mendapatkan kaldu yang lezat, tambahkan pempek yang sudah dipotong-potong ke dalam kaldu. Masak hingga pempek mengapung dan matang. Sajikan Tekwan dengan taburan daun bawang dan irisan cabe rawit untuk menambah aroma dan rasa pedas yang khas.

 

3. Pempek

Pempek adalah makanan ikonik Palembang yang terbuat dari adonan ikan yang dicampur dengan tepung sagu dan beberapa bumbu lainnya. Ada berbagai jenis pempek yang dapat Anda coba, seperti pempek kapal selam, pempek lenjer, atau pempek adaan. Untuk membuat pempek, haluskan ikan yang segar, seperti ikan tenggiri, dalam blender. Campurkan ikan yang sudah dihaluskan dengan tepung sagu, air es, bawang putih, dan garam. Aduk rata hingga adonan terbentuk. Bentuk adonan menjadi pempek sesuai selera dan goreng dalam minyak panas hingga kecokelatan. Sajikan pempek dengan kuah cuka khas Palembang dan irisan timun.

 

4. Kerupuk Palembang

Kerupuk Palembang terkenal dengan teksturnya yang renyah dan cita rasanya yang gurih. Cara membuat Kerupuk Palembang dim

ulai dengan membuat adonan dari tepung aci, air, dan bumbu-bumbu seperti bawang putih dan garam. Uleni adonan hingga kalis, kemudian tipiskan adonan dan potong menjadi irisan tipis. Irisan tipis tersebut kemudian dijemur di bawah sinar matahari hingga kering. Setelah itu, kerupuk siap digoreng dalam minyak panas hingga mengembang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan, Kerupuk Palembang siap disajikan sebagai pelengkap hidangan Anda.

 

5. Laksan

Laksan adalah hidangan mie khas Palembang yang terbuat dari tepung sagu. Cara membuat Laksan dimulai dengan merebus mi sagu hingga matang dan kenyal. Sementara itu, siapkan kuah kaldu yang kaya rasa dengan merebus tulang sapi dan bumbu-bumbu seperti bawang putih, merica, dan daun bawang. Setelah mi sagu matang, tiriskan dan siram dengan kuah kaldu yang sudah disiapkan. Sajikan Laksan dengan tambahan irisan ketupat, irisan daun bawang, dan taburan bawang goreng untuk memberikan sensasi gurih yang memanjakan lidah.

 

6. Burgo

Burgo merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari ketan yang dibentuk seperti lembaran tipis. Ketan yang telah direbus kemudian ditambahkan dengan bumbu seperti santan dan garam. Setelah itu, ketan digulung dan dipotong menjadi bentuk-bentuk kecil. Burgo bisa disajikan dengan tambahan serundeng kelapa sebagai pelengkap yang memberikan cita rasa gurih dan manis.

 

7. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah adalah hidangan penutup yang menyegarkan. Cara membuatnya cukup sederhana. Pertama, rebus kacang merah hingga empuk dan kenyal. Tiriskan kacang merah dan biarkan dingin. Setelah itu, siapkan es batu dan serut hingga halus. Ambil mangkuk saji, letakkan kacang merah rebus di bagian bawah, tambahkan es serut, dan siram dengan sirup gula merah. Tambahkan susu kental manis, cincau, biji selasih, serta potongan buah-buahan sesuai selera. Es Kacang Merah siap dinikmati sebagai penutup yang menyegarkan.

Nikmati kelezatan makanan khas Palembang dengan mencoba resep-resep di atas. Setiap hidangan memiliki keunikan tersendiri dan pasti akan memanjakan lidah Anda. Jangan ragu untuk berkreasi dan menambahkan sentuhan pribadi dalam pembuatan hidangan ini. Selamat mencoba!